KesehatanBeragam Manfaat Mandi Bagi Kesehatan

Beragam Manfaat Mandi Bagi Kesehatan

Manfaat mandi pastilah Anda sudah tahu dan bahkan rasakan. Menyegarkan tubuh serta bahkan menenangkan pikiran menjadi alasan seseorang untuk mandi.

Tak hanya itu, ada beberapa orang bahkan yang senang berlama-lama di kamar mandi, baik sekadar mandi ataupun beredam. Apalagi bagi mereka yang menetap di daerah tropis, mandi jadi suatu keharusan karena kulit yang mudah berkeringat dan lengket.

Tetapi, tahukah Anda manfaat mandi bagi kesehatan? Ya, kegiatan yang kita lakukan setiap hari ini kelihatannya memang biasa saja.

Namun, mandi menyimpan segudang manfaat. Manfaatnya bahkan bisa mencegah Anda menggunakan asuransi kesehatan yang Anda miliki.

1. Meredakan gatal
Ya, mandi dapat meredakan rasa gatal, khususnya yang disebabkan oleh psoriasis yang menyebabkan kulit bersisik. Anda bisa menambahkan minyak zaitun ataupun minyak kelapa beberapa sendok saja pada air mandi hangat.

Minyak tersebut bermanfaat untuk melembapkan kulit sehingga sisik pada kulit menghilangkan. Hanya saja, perlu diingat, mandi berlama-lama dalam bak lebih dari 10 menit kurang baik bagi kelembapan kulit Anda.

2. Tidur jadi lebih nyenyak
Sering mengalami sulit tidur pada malam hari? Mungkin salah satu penyebabnya adalah Anda bisa jadi tidak mandi pada malam hari.

Nah, mandi sebelum tidur dengan jarak sejam atau dua jam akan membuat Anda lebih rileks. Ini karena mandi dapat membantu penurunan suhu tubuh yang memicu hormon melatonin yang dapat membuat Anda mengantuk.

3. Mengatasi kulit yang sedang meradang
Kalau Anda sedang mengalami peradangan pada kulit dan gatal-gatal maka cobalah untuk mandi. Namun, tidak sekadar mandi dengan air biasa, ya.

Campurkan oatmeal pada air mandi hangat dan Anda bisa berendam di dalamnya selama 15 sampai 20 menit. Atau, Anda bisa menggosokkan oatmeal pada kulit tubuh dan kemudian bilas hingga bersih.

Oatmeal punya manfaat sebagai penenang kulit dari peradangan ataupun gatal-gatal. Ini karena kandungan zat avenanthramides yang terdapat pada gandum yang sangat baik untuk kulit.

4. Membantu atasi gejala flu
Jika sedang sakit flu, justru sebenarnya Anda disarankan untuk mandi. Jadi, bukan seperti pandangan selama ini ya yang menyarankan untuk menghindari mandi apabila flu.

Namun, mandi yang disarankan adalah yang menggunakan air hangat. Mandi dengan air hangat akan membantu tubuh membuka jalan napas yang tersumbat akibat flu.

Selain itu, mandi juga akan meregangkan otot-otot Anda sehingga nyeri pun berkurang. Ini karena mandi dapat memicu hormon endorfin yang bisa merilekskan tubuh.

5. Meningkatkan daya ingat
Tambahkan sedikit minyak esensial pada air mandi Anda. Pilih aroma sage karena aroma tersebut paling bagus bagio otak.

Jika Anda sedang stres, Anda bisa pilih aroma bunga bergamot untuk mengurangi stres. Ya, mandi bermanfaat pula bagi daya ingat.

Anda pasti sering merasakan sendiri, bukan, seusai mandi biasanya Anda jadi lebih konsentrasi dan lebih bersemangat. Sementara kalau Anda melewatkan mandi pagi khususnya, biasanya malah membuat Anda bermalas-malasan dalam hari tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERPOPULER

TERBARU

ARTIKEL TERKAIT