KesehatanJeroan Ayam Berdampak Negatif Untuk Tubuh?

Jeroan Ayam Berdampak Negatif Untuk Tubuh?

Ayam merupakan salah satu bahan makanan yang menjadi favorit banyak orang. Rasanya yang lezat, mudah pengolahannya untuk berbagai masakan, dan pastinya harganya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan jenis daging lainya.

Daging ayam beserta seluruh bagian tubuhnya seperti jeroan, kaki, dan kepalanya banyak diolah untuk berbagai macam hidangan yang lezat. Namun, benarkan mengkonsumsi jeroan ayam tidak sehat untuk tubuh?

Sudah pasti segala sesuatunya apabila dikonsumsi dalam takaran yang tepat, tentu tidak akan menjadi masalah, termasuk jeroan ayam. Berikut ini beberapa dampak negatif jeroan ayam jika dikonsumsi secara berlebihan.

1. Memperparah Asam Urat dan Rematik
Jeroan ayam telah sejak dulu diketahui sebagai salah satu bahan makanan pemicu asam urat bahkan rematik. Hal ini dikarenakan kandungan purin yang sangat tinggi yang ada pada organ dalam ayam tersebut.

Bagi seseorang yang mengkonsumsi jeroan ayam dalam intensitas yang sering akan memicu risiko asam urat dan rematik karena penumpukan zat purin pada organ persendian

2. Memicu Penyakit Jantung
Organ jeroan ayam yang salah satunya terdiri dari hati ayam adalah salah satu tempat untuk menyimpan kelebihan lemak di dalam tubuh ayam. Sehingga menyebabkan jeroan ayam mengandung lemak jenuh yang dapat memicu penyumbatan pembuluh darah menuju jantung.

Dampak negatifnya, jika dikonsumsi dalam jangka panjang adalah dapat memicu serangan jantung dikemudian hari. Sehingga sebaiknya segera kurangi konsumsi jeroan ayam.

3. Meningkatkan Kolesterol
Kandungan lemak yang tinggi pada jeroan ayam akan membuat kadar kolesterol jahat dalam darah naik. Dengan mengkonsumsinya terus menerus, dampak negatif jeroan ayam yang siap mengintai adalah stroke hemoragik. Jeroan ayam yang paling tidak disarankan untuk dikonsumsi terlalu sering adalah otak, hati, dan usus

4. Memicu Masalah Kulit
Kandungan lemaknya yang tinggi sudah pasti membuat munculnya permasalahan kulit. Dengan lemak trans yang dikandungnya akan memicu wajah menjadi semakin berminyak dan menjadikan potensi kulit berjerawat kedepannya.

5. Mengandung Racun
Kandungan racun di dalamnya yang sangat tidak baik jika dikonsumsi berlebihan. Beberapa jenis racun yang dapat ditemui pada jeroan ayam adalah merkuri, timah, arsenic, kromium, dan masih banyak lagi.

Hal ini karena organ jeroan ayam seperti hati yang berfungsi sebagai penyaringan racun. Sehingga berpotensi di dalamnya masih mengendap racun yang disaringnya.

Itulah beberapa dampak negatif jeroan ayam bagi kesehatan. Meskipun lezat dan tidak berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan, namun jangan terlalu sering dalam mengkonsumsinya. Jangan lupa juga untuk melengkapinya dengan sayuran dan buah, agar kesehatan kamu tetap terjaga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERPOPULER

TERBARU

ARTIKEL TERKAIT