Kesehatan5 Kandungan Dalam Roti Gandum

5 Kandungan Dalam Roti Gandum

Roti gandum menjadi salah satu pilihan untuk sarapan pada setiap pagi, terutama bagi yang sedang menjalani diet. Tetapi apakah anda mengetahui apa saja kandungan yang terdapat didalamnya, mari bersama-sama kita lihat sekarang.

1. Gluten
Gluten adalah nama protein yang terdapat dalam tepung terigu. Dalam proses pembuatan white bread, gluten adalah bagian yang sangat penting. Ia merupakan kombinasi 2 jenis protein, yaitu glutanin dan gliadin. Pada saat bertemu dengan air, dalam proses pengulenan adonan roti, gluten akan membentuk rongga yang bisa menahan karbon dioksida sebagai hasil dari fermentasi ragi. Hasilnya ialah tekstur roti yang mengembang dan lembut.

2. Biji gandum
Biji gandum terdiri dari 3 bagian (germ, bran, endosperm). Ketika semua bagian dari biji gandum tersebut dihaluskan menjadi tepung, hasilnya tepung itu disebut dengan tepung whole wheat.

3. Bran
Bran merupakan bagian kecil dari biji gandum yang mempunyai kandungan serat paling tinggi. Adanya bran akan memengaruhi kerja gluten. Inilah yang membuat roti whole wheat terasa lebih berat, serta kurang mengembang dan kurang empuk.

4. Germ
Germ juga bagian terkecil dari biji gandum yang mempunyai kandungan lemak tinggi. Bagian tersebut sering kali dibuang atau dipisahkan dari biji gandum, karena ia mengandung lemak yang tinggi dan akan membuat tepung cepat rusak (tengik).

5. Endosperm
Endosperm merupakan bagian paling besar dari biji gandum yang umumnya digunakan untuk membuat tepung terigu atau bahan dasar roti putih.

Itulah beberapa kandungan yang ada dalam roti gandum sebagai tambahan pengetahuan anda semua, terutama untuk yang sedang diet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERPOPULER

TERBARU

ARTIKEL TERKAIT