KesehatanManfaat dan Gerakan Dasar Yoga Untuk Kesehatan

Manfaat dan Gerakan Dasar Yoga Untuk Kesehatan

Yoga adalah olahraga yang mengkombinasi gerakan bagain tubuh dan membutuhkan konsentrasi, ketenangan, tubuh yang rileks dan santai saat melakukannya. Yoga merupakan olahraga tubuh dan pikiran. Tidak hanya untuk kesegaran dan kebugaran tubuh, yoga juga dapat membantu dalam mengendalikan stress dan mengurangi gelisah.

Yoga cocok dilakukan oleh semua usia, jenis kelamin dan segala kondisi kesehatan tubuh (sesuai petunjuk dokter). Hal ini karena yoga tidak membutuhkan banyak kekuatan fisik. Yoga secara rutin memiliki manfaat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Manfaat Yoga untuk Kesehatan

1. Mengurangi Stress
Pada umumnya semua jenis olahraga dapat membantu seseorang terhindari dari stress, tak terkeceuali dengan yoga. Melakukan yoga dapat mengurangi rasa gelisah, stress dan meningkatkan mood maupun kesejahteraan fisik maupun psikis seseorang.

2. Meningkatkan Kebugaran Tubuh
Selain mengurangi stress, manfaat selanjutnya dari Yoga yaitu untuk membuat tubuh lebih merasa bugar, keseimbangan tubuh menjadi meningkat, menguatkan tubuh, dan melenturkan otot tubuh.

3. Meredakan Sakit Punggung
Yoga sangat baik dilakukan oleh mereka yang sering mengalami sakit punggung. Hal ini dikarenakan gerakan peregangan tubuh pada yoga dapat melenturkan tubuh anda.

4. Mengurangi Masalah Asma
Penyakit asma ketika kambuh akan sangat mengganggu dan cukup menyiksa. Cara mengatasi untuk mencegah kambuhnya asma adalah dengan melakukan yoga secara rutin. Hal ini karena ada gerakan yoga yang berhubungan dengan pernapasan seperti Pranayama yang dapat membantu meringankan gejala asma.

5. Media Relaksasi
Gerakan pada yoga merupakan gerakan tubuh dan anggota badan dengan cara perlahan-lahan. Gerakan perlahan tersebut akan membuat anggota tubuh menjadi rileks dan santai. Melakukan gerakan yoga biasanya akan diiringi dengan alunan musik dengan tempo pelan sehingga membuat pikiran menjadi lebih tenang, santai, dan rileks.

6. Meningkatkan Stamina
Manfaatnya yang dapat memberi kebugaran dan meningkatkan imunitas tubuh sudah pasti yoga juga bermanfaat untuk meningkatkan stamina tubuh. Gerakan-gerakan pernapasan dan gerakan tubuh yang dilakukan secara rutin saat melakukan yoga akan membuat stamina tubuh menjadi meningkat.

Untuk bisa menguasai berbagai pose pada yoga, pertama yang harus dilakukan adalah terlebih dahulu menguasai gerakan dasar pada yoga. Berikut ini adalah gerakan dasar yoga yang bisa anda coba dirumah dan cocok dilakukan oleh anda yang jarang melakukan olahraga.

Gerakan Dasar Yoga

1. Mountain Pose
Meskipun terlihat sederhana, jika anda melakukan gerakan ini dengan benar bisa membantu memperbaiki postur dan keseimbangan tubuh. Cara melakukan gerakan ini adalah dengan berdiri dengan jari kaki menyentuh lantai dan biarkan tumit sedikit terpisah (atau lebih lebar) satu sama lain dengan meletakkan lengan di samping tubuh Anda.

Bayangkan Anda sedang mengangkat tubuh Anda dari batin. Tarik bahu ke bawah dan rentangkan tulang selangka lalu posisikan kepala sejajar dengan bahu (tidak mundur atau maju), dan dagu sejajar dengan lantai. Panggul dengan punggung bawah harus netral, tidak terselip atau melengkung. Tahan selama 30 detik samapi 1 menit

2. Sukhasana
Cara melakukan gerakan adalah dengan duduk bersila di atas matras yoga, kedua tangan di lutut. Tegakkan punggung. Pejamkan mata, tarik napas perlahan-lahan. Gerakan ini dapat membantu Anda redakan stres.

3. Child’s Pose
Child’s Pose adalah gerakan dengan cara duduk dengan kaki dilipat kebawah, luruskan punggung dengan kedua tangan menjulur ke depan. Tahan sambil bernapas teratur sesuai dengan kebutuhan. Gerakan ini bermanfaat untuk membuat tubuh rileks.

4. Viparita Karani
Viparita Karani adalah gerakan yang bermanfaat untuk melancarkan aliran darah, caranya dengan berbaring dengan kedua kaki yang diangkat dan disandarkan menempel dinding. Kedua tangan direntangkan ke samping.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERPOPULER

TERBARU

ARTIKEL TERKAIT