KesehatanManfaat Ikan Kakap Untuk Kesehatan, Apa Saja?

Manfaat Ikan Kakap Untuk Kesehatan, Apa Saja?

Ikan adalah salah satu sumber protein yang baik untuk tubuh selain dari daging sapi atau daging ayam. Salah satu jenis ikan yang cukup digemari yaitu jenis ikan kakap.

Selain memang karena enak, ikan kakap memiliki beragam kandungan nutrisi dan gizi yang baik untuk kesehatan. Bahkan kandungan gizi pada ikan kakap mampu memenuhi kebutuhan gizi harian tubuh.

Ikan kakap memiliki beberapa jenis, seperti ikan kakap merah atau L. Campechanus, kakap hitam, kakap kuning, dan kakap putih. Meskipun ikan kakap memiliki jenis yang berbeda, namun memiliki manfaat yang sama.

Manfaat Ikan Kakap Untuk Kesehatan

1. Mencegah Penyakit Tulang
Ikan kakap memiliki kandungan kalsium yang baik untuk menjaga kesehatan tulang, dan mencegah pengeroposan tulang. Mengkonsumsi ikan kakap memenuhi kebutuhan mineral kalsium sehingga mencegah masalah kesehatan tulang.

2. Mencegah Osteoporosis
Tubuh yang kekurangan asupan kalsium secara terus menerus dapat menyebabkan kepadatan tulang menurun sehingga menyebabkan pengeroposan tulang atau osteoporosis. Dengan memenuhi kebutuhan kalsium setiap hari dapat mencegah risiko osteoporosis, salah satunya dengan mengkonsumsi ikan kakap.

3. Mencegah Penyumbatan Pembuluh Darah
Ikan kakap tinggi kandungan omega 3 yang bertanggung jawab untuk menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung. Selain itu, omega 3 juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh yang menjadi salah satu penyebab penyumbatan darah. Untuk mencegah penyumbatan darah, anda dapat mengkonsumsi ikan kakap secara rutin.

4. Tinggi Selenium
Selenium adalah salah satu jenis mikronutrien yang penting untuk tubuh. Selenium berfungsi untuk mendukung fungsi antibodi tubuh dan menjaga fungsi kelenjar tiroid. Selain itu, selenium memiliki peran sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas.

5. Mencegah Risiko Penyakit Jantung
Selain untuk menjaga metabolisme tubuh, kalium juga berperan untuk dalam kontraksi jantung. Kurangnya kalium menjadi salah satu penyebab berbagai macam gangguan penyakit jantung.

6. Menjaga Metabolisme Tubuh
Ikan kakap memiliki kandungan mineral kalium sebesar 444 mg atau 9,4% dari kebutuhan harian. Kalium penting untuk berbagai metabolisme tubuh. Selain itu, kalium juga berperan untuk mengaktifkan berbagai enzim yang berperan dalam metabolisme energi. Apabila asupan kalium tidak cukup, tubuh akan merasa lemas karena kurangnya energi yang dihasilkan.

7. Menjaga Kesehatan Mata
Seperti yang kita ketahui jika vitamin A berperan baik untuk menjaga kesehatan mata. Ikan kakap memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi sehingga juga baik untuk menjaga kesehatan mata.

8. Tinggi Vitamin A
Vitamin A adalah salah satu jenis vitamin larut lemak yang memiliki manfaat seperti menghaluskan kulitdan menjaga kesehatan penglihatan. Bentuk vitamin A yang ditemukan pada ikan kakap yaitu berupa retinoid dan betakaroten. Mengkonsumsi 3 gram daging ikan kakap mampu mencukupi kebutuhan vitamin A harian tubuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERPOPULER

TERBARU

ARTIKEL TERKAIT