WisataSurga Tersembunyi di Pulau Sempu Malang Selatan

Surga Tersembunyi di Pulau Sempu Malang Selatan

Pantai sudah lama menjadi destinasi wisata favorit masyarakat Indonesia. Bahkan Bali, si Pulau Dewata tersebut tersohor lantaran pesona pantainya yang manis sekaligus mistis.

Tapi ini Indonesia, negeri yang terdiri atas ribuan gugus kepulauan. Maka itu, pantai tentu tak sekedar Bali dengan Kuta dan pantai-pantai lainnya. Salah satu surga berpasir nan indah di luar Bali adalah Pulau Sempu.

Namanya mungkin tak sepopuler si Island Of God tersebut. Tapi, eksotismenya akan membius kamu untuk kembali dan kembali lagi ke Pulau Sempu. Berani coba?

Lokasi
Pulau Sempu secara geografis terletak di Pulau Jawa tepatnya di Malang bagian selatan. Ia masuk ke dalam wilayah administratif Kabupaten Malang, Jawa Timur. Lokasi detilnya ada di selatan Kecamatan Sumbermanjing, Wetan.

Di Pulau ini, tak ada satu pun sumber mata air payau. Oleh sebab itu, ia hanya dihuni oleh pohon-pohon mangrove. Bayangkan, jika Kamu tiba di waktu yang tepat, Pulau Sempu yang sepi ini akan terasa bagai milik kamu seorang. Airnya yang bening, suasana yang hening serta pepasirnya yang lembut akan menyajikan sepotong surga nyata hanya untuk kamu.

Familiar dengan Segara Anak? Iya, memang danau ‘anak laut’ ini identik dengan Rinjani. Tapi siapa sangka, ternyata di Pulau Sempu, Tuhan juga meletakkan Segara Anakan yang tak kalah mempesona. Segara Anakan ini seolah bukan bagian dari lautan luas sebab ia dikepung oleh pepohonan hijau di bebatuan.

Jangan terkecoh, meski ia banyak dilabeli danau, bukan berarti airnya tawar. Nama “danau” menempel semata-mata karena airnya yang hijau toska serta desir ombaknya yang cenderung tenang. Jika Kamu suka pasir putih nyaris tepung, Kamu pasti akan suka berlama-lama di Segara Anakan.

Cara Menuju Ke Pulau Sempu
Dengan segala pesona kemewahan yang dimilikinya, Pulau Sempu tidak akan membuat budget liburan kamu menggunung. Mengapa? Sebab ia mudah dijangkau dengan biaya minim ala backpacker.

Jadi siapkan ransel dan jiwa petualang Kamu. Berikut rute yang harus Kamu tempuh plus estimasi biaya yang dikeluarkan jika hendak berlibur di Pulau Sempu.

– Darimanapun kamu berasal, tempat yang pertama kali harus kamu tuju adalah terminal Gadang. Jika kamu naik kereta Api dan turun di stasiun Kotabaru Malang. Kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Terminal Gadang dengan menaiki angkot AG (Arjosari-Gadang).
– Turun di Terminal Gadang, perjalanan dilanjutkan dengan naik mobil Colt L 300 (Mobil ELF) Jurusan Turen.
– Sampai di Turen, pindah angkot lagi. Kali ini kamu harus naik angkot menuju Pantai Sendang Biru. Sesampainya di Sendang Biru, kamu harus menuju bagian pengelola untuk mengurus perizinan dan membayar biaya izin masuk.
– Selesai mengurus masalah perizinan, kamu tinggal berjalan kaki ke bibir Pantai Sendang Biru dan mencari perahu yang akan menyebrangkan kamu beserta rekan-rekanmu ke Pulau Sempu yang sudah terlihat dari Pantai Sendang Biru. Jangan lupa untuk membuat janji dengan pemilik perahu tersebut untuk menjemputmu esok harinya, minta nomor handphone yang biasanya sudah tertulis di tiang perahu yang mengangkutmu ke Pulau Sempu.

Tips Selama Berlibur Di Pulau Sempu

1. Beramai-ramai
Ajak teman-temanmu ke Pulau Sempu, minimal bergabunglah dengan traveler lain yang sedang berlibur ke sana hingga membentuk satu kelompok dengan jumlah minimal 6 orang. Selain lebih menyenangkan, hal ini juga akan membuatmu dapat menekan pengeluaran.

2. Bawa air minum yang banyak
Bawalah persediaan air yang mencukupi kebutuhan minum atau masakmu selama di Pulau Sempu. Harus kamu ingat Pantai Sendang Biru adalah titik terakhir mendapatkan air tawar

Di pulau sempu, kamu tidak akan menemukan air tawar kecuali jika kamu mau berjuang mengumpulkan embun saat dini hari. Tapi hal juga susah untuk dilakukan dan butuh perjuangan ekstra karena monyet-monyet yang hidup liar di sekitar Segara Anakan sangat terkenal luar biasa nakalnya.

3. Siapkan stamina
Jangan remehkan kondisi jalan di Pulau Sempu untuk menuju Segara Anakan. Sarapanlah sebelum memulai perjalanan karena perjalanan akan menguras stamina kamu. Saat musim kemarau, memang tracknya tidak terlalu sulit, kamu tinggal ikuti saja jalur yang sudah ada, tapi jika kamu datang di musim penghujan, bersiaplah untuk benar-benar menguras staminamu karena jalanan akan berubah jadi kubangan lumpur!

4. Pakai sepatu
Pakailah sepatu atau sendal khusus untuk tracking, jangan jadi traveler yang seenaknya. Track di Pulau Sempu saat kemarau memang termasuk mudah untuk dijalani, tapi kamu perlu tau, banyak akar-akar pohon yang menjuntai, dan banyak sekali batu-batu karang yang tajam yang siap merobek kakimu jika kamu tidak memakai alas kaki yang dapat menjaga telapak kakimu.

5. Siapkan alat kemah
Bawalah peralatan untuk berkemah meski kamu tidak berniat untuk menginap. Headlamp atau lampu senter jadi peralatan yang wajib ada di dalam Ranselmu.

6. Menggunakan guide
Tidak perlu malu untuk menggunakan guide yang disediakan pengelola jika di rombongan kamu tidak ada orang yang pernah datang ke Pulau Sempu sebelumnya, apalagi jika tidak ada diantara kamu yang pernah melakukan aktifitas alam bebas sama sekali, utamakan keselamatan kamu dan orang-orang yang ada di dalam kelompokmu agar liburanmu tidak berubah menjadi petaka.

7. Patuhi rambu-rambu bahaya
Perhatikan dan patuhi rambu-rambu bahaya yang ada di pulau tersebut. Terutama bendera-bendera merah bergambar tengkorak yang artinya sangat berbahaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERPOPULER

TERBARU

ARTIKEL TERKAIT