KesehatanTanda-Tanda Awal Kehamilan

Tanda-Tanda Awal Kehamilan

Kehamilan adalah hal yang banyak ditunggu oleh semua pasangan terutama bagi wanita. Dalam memasuki masa kehamilan, wanita akan mengalami banyak perubahan, baik itu perubahan secara fisik ataupun perubahan emosional.

Terlambat datang bulan atau haid bukan satu-satunya ciri-ciri wanita hamil. Bahkan, pada saat Anda menganggap masih dalam masa haid tidak berarti saat itu anda sedang tidak hamil.

Jika demikian, apa saja tanda awal kehamilan pasti yang dapat memberi petunjuk kalau Anda benar-benar hamil? Pada saat terjadi pembuahan, saat itu tubuh akan memproduksi beberapa hormon kehamilan.

Beberapa Hormon tersebut yang bertugas pada beberapa perubahan kondisi fisik wanita, bahkan sejak kehamilan belum terdeteksi oleh test pack. Ujar Melissa Goist, M.D, seorang pakar kebidanan dan kandungan di Ohio State University Medical Center.

Dibawah ini adalah penjelasan ciri-ciri wanita hamil dari beberapa gejala awal yang paling umum dari kehamilan, perlunya untuk mendeteksi sedini mungkin keahamilan anda. Jika salah satu dari tanda awal kehamilan yang ada dibawah ini anda alami, ada kemungkinan anda benar-benar sedang hamil.

Tanda Awal Kehamilan

1. Terlambat Haid
Terlambat datangnya siklus menstruasi bulanan adalah salah satu ciri-ciri wanita hamil yang paling jelas. Namun pada beberapa kasus, ada beberapa wanita yang tidak haid disebabkan masalah hormonal, kelelahan, stres, atau masalah lain.

Kebalikan dari hal di atas, ada juga beberapa wanita yang justru mengalami perdarahan pada masa kehamilan. Apabila mengalami pendarahan pada masa hamil, secepatnya anda periksa ke dokter untuk mengetahui lebih lanjut apakah hal tersebut normal.

2. Perubahan Pada Payudara
Tanda awal kehamilan selanjutnya adalah terasa nyeri atau kesemutan pada daerah payudara. Wanita akan merasakan perubahan pada payudara seperti tersiksa saat memakai bra, payudara terasa penuh, berat, nyeri saat ditekan, payudara semakin bengkak dan terasa lebih lembut, serta warna aerola yang lebih gelap dari biasanya. Hal tersebut disebabkan payudara wanita sedang mempersiapkan diri menghasilkan ASI.

3. Mudah Lelah dan Mengantuk
Ketika memasuki masa awal kehamilan, wanita akan merasa lebih cepat lelah dan mengalami perubahan pola tidur. Hal ini terjadi karena adanya perubahan hormon di dalam tubuh, sehingga tubuh akan bekerja dengan keras untuk memompa hormon dan memproduksi lebih banyak darah untuk menyuplai nutrisi bagi janin. Seiring bertambahnya usia janin yang bertambah besar, maka perut ibu juga akan semakin membesar, sehingga akan membuat ibu menjadi lebih cepat merasa lelah dan mengantuk.

4. Mual Dengan atau Tanpa Muntah
ciri-ciri wanita hamil yang paling umum adalah terjadinya rasa mual dengan atau tanpa muntah. Umumnya rasa mual terjadi saat janin memasuki usia 4 minggu sampai 8 minggu, atau bisa juga terjadi di dua minggu awal masa kehamilan. Rasa mual tersebut disebabkan karena perubahan janin yang baru tumbuh, janin tersebut dianggap sebagai benda asing didalam tubuh. Setiap kali anda bangun pagi, perut terasa mual dan ingin muntah.

Rasa mual itu umumnya berlangsung sepanjang hari. Dalam kondisi tersebut, usahakan untuk selalu makan makanan sehat, sehingga Anda dan bayi tetap mendapatkan nutrisi-nutrisi penting dan bisa berkembang sempurna.

5. Sering Buang Air Kecil & Konstipasi
Ketika hamil, janin yang tumbuh di dalam rahim akan menekan kandung kemih, sehingga frekuensi buang air kecil anda akan bertambah sering. Kandung kemih juga akan lebih cepat dipenuhi oleh urine dan keinginan buang air kecil menjadi lebih sering. Contoh kebiasaannya tidur malam anda terganggu karena harus bangun dimalam hari untuk pergi ke toilet.

6. Sakit kepala dan Pusing
Pusing dan sakit kepala adalah hal yang juga sering dirasakan oleh wanita hamil, hal tersebut diakibatkan faktor fisik; mual, rasa lelah, lapar dan tekanan darah rendah. Bisa juga disebabkan oleh faktor emosional yakni munculnya depresi dan perasaan tegang. Peningkatan pasokan darah ke tubuh juga dapat menjadi penyebab pusing saat wanita berubah posisi.

Jika dengan pusing dan sakit kepala tersebut anda tidak kuat untuk menahan dan memutuskan untuk minum obat, pilihlah obat sakit kepala yang mengandung acetaminophen yang lebih aman untuk kehamilan anda daripada ibuprofen.

7. Sakit Punggung
Tanda awal kehamilan selanjutnya adalah sakit pada punggung. Jika biasanya anda tidak memiliki masalah sakit punggung, tetapi tiba-tiba punggung bagian bawah anda terasa nyeri menandakan anda sedang hamil. Gangguan tersebut akan tetap ada sampai melahirkan.

8. Perut kram (Kontraksi Pada Rahim)
Di awal-awal kehamilan, wanita akan merasakan kembung dan kram pada perut, rasanya hampir atau bahkan sama seperti saat akan datang bulan. Tapi anda tidak usah khawatir, karena hal tersebut merupakan tanda awal kehamilan yang biasa terjadi pada wanita hamil.

9. Nafsu Makan Berkurang dan Mengalami Ngidam
Ketika memasuki trimester pertama, anda akan merasakan malas untuk makan sehingga nafsu makan anda menjadi berkurang. Bukan hanya itu saja, anda juga akan merasa mual ketika mencium bau yang sangat menyengat, seperti bau masakan, bau amis, dan sebagainya.

Selain itu tanpa alasan yang jelas, tiba-tiba anda menginginkan makanan tertentu yang sebelumnya makanan tersebut mungkin bukan favorit anda. Atau bisa juga sebaliknya, tiba-tiba anda emoh dengan makanan yang selama ini menjadi kesukaan Anda.

10. Sembelit
Selama masa kehamilan, kadar hormon progesteron bisa membuat wanita sembelit. Hormon progesteron menyebabkan makanan diproses dengan waktu lebih lambat melalui usus halus. Untuk keluar dari masalah ini, perbanyak minum air, olahraga, dan perbanyak memakan makanan yang tinggi serat.

11. Perubahan mood
Tanpa sebab yang jelas, Anda menjadi sering marah-marah ke suami. Di kesempatan yang lain, anda tiba-tiba menangis tak tahu sebabnya apa. Hal tersebut bisa juga mengindikasikan kalau anda hamil.

12. Peningkatan suhu tubuh
Umumnya, di pagi hari saat bangun tidur dan sebelum melakukan aktivitas apapun sekitar suhu tubuh anda 35,5 – 36°C. Suhu tersebut saat masa subur akan meningkat menjadi 37 – 38°C, masa waktunya kurang lebih selama 2 – 3 hari. Saat itu, patut saja anda untuk curiga kalau anda sedang hamil.

13. Sensitif Pada Bau
Anda merasa tidak tahan terhadap segala macam bau, terlebih pada aroma makanan tertentu. Dari tidak tahannya, bau tersebut bisa membuat mual dan muntah.

14. Bercak
Pada masa awal kehamilan ada juga yang mengalami keputihan atau debit susu yang lebih dari biasanya pada kewanitaannnya. Hal tersebut berhubungan dengan penebalan dinding kewanitaan yang dimulai segera setelah pembuahan.

Debit tersebut bisa berlanjut sepanjang kehamilan. Tapi jangan khawatir, hal tersebut tidak berbahaya dan tidak memerlukan pengobatan. tetapi jika cairan berbau dan menyebabkan gatal, segera periksa ke dokter agar diketahui penyebabnya, apakah karena infeksi bakteri atau yang lain.

15. Positif tes kehamilan
Saat anda melakukan uji test pack hasilnya menunjukkan tanda positif. Tetapi tanda tersebut belum tentu menunjukkan kalau anda sedang hamil. Anda akan memperoleh jawaban yang akurat apabila periksa ke dokter dengan melakukan pemeriksaan USG.

16. Ada Janin Dalam rahim Anda
Apabila hasil pemeriksaan USG menunjukkan titik kecil yang bergerak-gerak di dalam kantung rahim, maka baru bisa dipastikan kalau anda benar-benar hamil. Jagalah perkembangan calon anak anda dengan baik, dan cukupilah asupan gizinya agar anda dan bayi anda sehat sampai melahirkan.

Demikianlah ulasan seputar ciri-ciri wanita hamil, semoga salah satu diantara tanda awal kehamilah diatas ada pada diri anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERPOPULER

TERBARU

ARTIKEL TERKAIT