OtomotifTips Agar Mobil Terhindar dari Pencurian

Tips Agar Mobil Terhindar dari Pencurian

Jaman sudah canggih teknologi yang dikembangkan pada mobil pun juga ikut canggih. Namun hal tersebut tidak menjamin mobil anda aman akan dari incaran pencuri. Kelalaian dari pemilik adalah salah satu penyebab banyaknya pencurian mobil

Meski mobil sudah di kunci dan mempunyai alarm, namun para pencuri mobil saat ini juga sudah mengikuti perkembangan teknologi atau semakin mahir dalam melakukan aksinya.

Supaya hal itu tidak terjadi, berikut beberapa tips agar mobil terhindar dari pencurian :

Tips Agar Mobil Terhindar dari Pencurian

1. Periksa Mobil Sampai Benar-benar Terkunci
Sebagian besar mobil-mobil modern sudah mempunyai fitur canggih yang dapat menginformasikan bahwa mobil sudah terkunci dengan baik. Informasi biasanya ditampilkan secara visual.

Saat sudah memencet tombol “lock” pada kunci, cek lampu indikator yang menyala untuk memastikan apakah mobil benar-benar terkunci. Jika pada lampu indikator kunci tidak menyala, berarti mobil belum terkunci.

Biasakan juga untuk mengeceknya kembali dengan cara menarik tuas pintu mobil untuk memastikan bahwa mobil benar-benar terkunci.

2. Parkir Mobil di Tempat yang Benar dan Sesuai
Saat berkunjung ke suatu tempat, Anda harus bisa memprediksi apakah lokasi tersebut aman untuk memarkir mobil. jangan tertipu dengan lokasi yang dianggap biasa-biasa saja karena tindak kriminal bisa terjadi dimana saja dan kapan saja.

Jika Anda menjumpai lokasi parkir tepat di bawah lampu jalan, maka lokasi tersebut merupakan salah satu pilihan yang terbaik. Apalagi jika Anda memarkir mobil dalam waktu lama dari pagi hingga petang.

Selain itu, misalnya saja Anda sedang mengunjungi sebuah restoran, Anda bisa memarkir mobil di tempat yang masih bisa di jangkau untuk melihat mobil tersebut saat berada di dalam restoran. Misalnya jika tempat tersebut tidak bisa Anda jangkau untuk melihat, setidaknya akan ada orang lain yang melihat jika ada hal yang mencurigakan pada mobil.

Sama halnya ketika Anda memarkir mobil di Mall. Pilihlah tempat parkir dekat dengan pintu masuk dan berada dekat mobil-mobil lain. Biasanya pencuri melakukan aksi pencurian mobil di ujung parkir.

3. Sembunyikan Barang-barang Anda
Banyak para pemiliki mobil sering mengabaikan hal yang satu ini. Barang-barang seperti tas, jaket, dan lain sebagainya meski barang itu terlihat tidak bernilai, tapi barang tersebut dapat menarik perhatian pencuri pada mobil anda.

Jangan lupa untuk selalu menyimpan dengan baik dokumen atau berkas penting Anda yang berada dalam mobil agar tidak menjadi incaran pencuri.

4. Pasang Alat Keamanan Tambahan
Pada mobil modern, fitur keamanannya sudah semakin canggih mengikuti perkembangan teknologi, salah satunya sistem alarm atau immobilizer. Tidak ada salahnya untuk berjaga-jaga, tambahkan perangkat keamanan tambahan. Misalnya pada pengunci setir kemudi atau pada pedal.

kemudian Anda bisa juga memasang alat pelacak atau tracking jika sewaktu-waktu mobil anda dicuri dapat segera dilacak oleh polisi. Memasang Kamera CCTV kecil pada mobil untuk memudahkan dalam mencari pelaku pencurian mobil.

Memang untuk menambah perangkat keamanan tersebut membutuhkan biaya tambahan. Tapi hal itu dapat mencegah mobil untuk dicuri.

5. Optimalkan Fitur Keamanan yang Ada
Hal lain yang dapat si lakukan untuk mencegah aksi pencurian mobil yaitui dengan mengoptimalkan fungsi dari fitur keamanan mobil. Apalagi pada mobil modern sudah dibekali fitur keamanan yang terbaru. Misalnya saat menutup pintu, mobil akan langsung terkunci secara otomatis.

Selain itu Anda juga bisa menggunakan fitur Follow Me Home. Fitur ini akan membantu saat di parkiran atau garasi tidak ada lampu atau gelap. jadi Anda tidak akan merasa kegelapan dan masuk ke rumah dengan bantuan pencahayaan dari mobil. jika ada pencuri yang mengendap-endap minimal bisa Anda ketahui.

6. Ingat Dimana Menyimpan Kunci Mobil
menyimpan kunci mobil merupakan hal yang paling mudah dilakukan, tapi kebanyakan para pemilik mobil sering lupa menaruh kuncinya. Selalu ingat di kantong manakah anda menyimpan kunci mobil.

Atau jika berada di rumah, pastikan jangan menaruh kunci mobil di dekat jendela karena bisa saja ada pencuri yang masuk ke area rumah anda dan dengan mudah menemukan kunci mobil yang berada di dekat jendela itu.

Selanjutnya jangan menaruh kunci mobil disembarang tempat meskipun didalam rumah. Banyaknya kasus kriminal mengintai pemilik mobil saat pencuri masuk ke rumah untuk mencari kunci mobil, pastikan kunci mobil disimpan di tempat yang aman dan mudah diingat.

7. Perhatikan Plat Nomor
Misal Anda melihat mobil Anda dicuri oleh maling dan masih Anda sempat untuk melihat mobil tersebut, perhatikan plat nomor, Biasanya untuk menghilangkan pencarian, pencuri akan mengganti plat nomor mobil dengan plat nomor yang palsu.

Pastikan anda melihat plat nomor mobil yang dibawa oleh pencuri tersebut agar memudahkan dalam proses pencarian oleh pihak kepolisian.

8. Jangan Biarkan Mobil Tetap Menyala
Misalnya Anda sedang terburu-buru untuk ke toilet di SPBU terdekat dalam waktu sebentar, jangan lupa untuk mematikan mesin mobil terlebih dahulu. Waktu 1 detik pun dapat dimanfaatkan oleh pencuri untuk melancarkan aksinya.

Sama halnya ketika Anda sedang memanaskan mobil, jangan sampai meninggalkan mobil atau lengah dari pengawasan karena pencuri dapat dengan segera mencuri mobil anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

TERPOPULER

TERBARU

ARTIKEL TERKAIT